Rumus Simple Present Tense -bag.1

notebook_tabs_brown_English

Semua Tenses dalam Bahasa Inggris mempunyai rumus, yang kadang malah suka membuat bingung kita-kita yang mempelajarinya, hehee… Mudah-mudahan, kalau belajarnya pelan-pelan, jadi lebih ‘nangkep’ ya. Yuk, kita intip rumus Simple yang berikut :

A. Simple Present Tense – Kalimat tentang Kegiatan

Tense ini adalah panduan kita untuk bercerita tentang kegiatan sehari-hari, yang rutin atau malah jarang dilakukan, dalam kerangka waktu Present (yaitu masa sekarang). Jadi, kalau ingin menceritakan suatu kegiatan yang terjadinya di masa kini (bukan lampau, bukan akan datang), berarti kita pakai yang ini yaa..

 

Kita mulai dari bentuk kalimat positif (+) dulu yaa… Untuk kalimat tentang kegiatan, maka rumusnya akan seperti ini :

Subyek + Do/Does + Kata Kerja-1 (=kegiatannya) + Obyek

Catatan : Subyek yang pakai ‘Do’ itu : I/You/We/They, yang pakai ‘Does’ itu : He/She/It

 Contoh :

Tiap pagi, saya makan dua butir telur rebus untuk sarapan, adik saya makan tiga butir

Every morning, I do have two boiled eggs for breakfast, my brother does have three

 

Sederhana, ya? Tentang kegiatan sehari-hari, yang normal/biasa terjadi. Simple. Jadi pakainya cukup Kata Kerja (=Verb) pertama.

 

Lalu, kalau kalimat diatas dijadikan kalimat negative (-), maka rumusnya akan seperti ini :

Subyek + Do/Does Not + Kata Kerja-1 + Obyek

Saya tidak makan dua butir telur rebus untuk sarapan, adik saya tidak makan tiga butir

I do not have two boiled eggs for breakfast, my brother does not have three

 

Yuk, kita jadikan kalimat tanya (?), dengan rumus seperti ini :

Do/Does + Subyek + Kata Kerja-1 + Obyek

Apakah saya makan dua butir telur rebus untuk sarapan?

Do I have two boiled eggs for breakfast?

 

Kita jadikan kalimat tanya bentuk negatif, yuk. Kita ubah ‘apakah’ menjadi ‘bukankah’

Bukankah adik saya makan tiga butir telur rebus untuk sarapan?

Does not my brother have three boiled eggs for breakfast?

 

Akhirnya, kita bisa lihat kegunaan kata Bantu, ya? Terutama dalam kalimat negatif dan tanya. Jadi, untuk kalimat positif, katan Bantu bisa dihilangkan alias ngga usah dipake. Lihat contoh-contohnya, yuk!

Sambil sarapan, saya menonton berita, dan adik saya membaca koran.

While having breakfast, I (do) watch the news, and my brother (does) read newspaper.

do watch = watch, does read = reads. Kalau menghilangkan ‘does’, diganti pakai ‘s’ pada kata kerjanya ya.

 

 Contoh lain :

Sore hari, adik saya suka menonton berita, tapi saya tidak suka. Saya suka infotainmen

On the afternoon, my brother likes (= does like) to watch the news, but I don’t (= I do not). I like the infotainment

Jam 7 malam, saya mengerjakan pe-er, tapi adik saya tidak. Dia main game online

At 7 pm, I do (= do do) my homework, but my brother doesn’t (=does not). He plays (=does play) online games.

Catatan : Adadua ‘do’ diatas ya? Yang satu adalah kata Bantu (do), yang satu lagi kata kerja (do=mengerjakan/melakukan) yaa..

 

Terkadang, saya suka merasa sendirian. Tidak punya teman untuk berbicara. Tapi kalau melihat teman bersama pacar, saya sering merasa bersyukur. Karena pacar biasanya membuat kita melakukan sesuatu yang  tidak kita suka. Dan saya tidak tahu mengapa, kita selalu berusaha melakukan yang terbaik. Saya sungguh benci itu.

Sometimes I feel lonely. I don’t have anyone to talk to. But if  I see a friend with a boyfriend, i often feel grateful. Because boyfriends usually make us do something we don’t like. And I don’t know why we always try to do the best. I really hate it.

Catatan : ‘Terkadang’, ‘sering’, ‘biasanya’, dan ‘selalu’ terjadinya hanya di waktu ‘Present’, bukan? Mereka berempat dapat dijadikan keterangan waktu dalam kerangka Simple Present Tense ini, selain ‘pagi’, ‘siang’, sore’, ‘jam 8’, dsb ya.

 

Well… Bagaimana? Cukup pusing kah? Hihi… Saya berusaha semampu mungkin untuk mengaplikasikan ‘gaya mengajar’ asli saya kepada murid-murid selama ini, ke dalam tulisan. Tujuannya, supaya teman-teman bisa seolah-olah belajar di dunia nyata, sambil bercanda dan mengobrol dengan saya. Jadi, jangan sungkan untuk bertanya yaa J

Kita lanjutkan Simple Present Tense untuk kalimat-kalimat tentang keadaan (bukan kegiatan seperti contoh-contoh diatas) on the next page, okei 🙂

Leave a comment